9 CARA MELUNASI HUTANG KARTU KREDIT DENGAN CEPAT

9 CARA MELUNASI HUTANG KARTU KREDIT DENGAN CEPAT, melunasi utang, kartu kredit, utang kartu kredit

Cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat – Apakah Anda pengguna aktif kartu kredit? Semua terlihat serba mudah dengan memiliki kartu kredit. Dengan memiliki kartu kredit, berbagai jenis pembayaran akan terasa sangat mudah, baik cash ataupun cicilan. Tinggal gesek kartu kredit maka semua kebutuhan yang Anda inginkan pun jadi terpenuhi. Tapi di balik kesenangan itu ada bahaya yang mengintai Anda jika Anda menggunakan kartu kredit tidak secara bijak, yaitu hutang yang menumpuk. Hutang kartu kredit tersebut semakin lama makin meningkat dan mustahil untuk bisa dilunasi. Tapi, jangan cemas. And amasih bisa melunasi hutang kartu kredit tersebut, asalkan Anda mengetahui rahasianya. Berikut ini beberapa cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat yang perlu Anda lakukan. Semoga membantu.

1. Catat semua hutang kartu kredit Anda
Tahap pertama cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat adalah dengan mengumpulkan dan mencatat semua kartu kredit yang Anda miliki. Lalu, hitung total hutang yang harus Anda lunasi. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan semua laporan rekening yang berisi informasi dara mengenai hutang, suku bunga terupdate, dan pembayaran minimum di setiap rekening yang Anda miliki. Dengan melakukan hal ini maka Anda akan dapat menetapkan berapa jumlah hutang yang wajib Anda angsur.

2. Mengutamakan membayar hutang dengan bunga terbesar
Cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat yang selanjutnya adalah dengan membayar atau mengeleminasi hutang yang bunganya paling besar terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menetralkan kekuatan bunga (comppund interest) yang dapat memberatkan sekaligus merugikan Anda. Dengan melunasi hutang yang bunganya paling besar maka Anda akan merasa lebih ringan dalam melunasi hutang-hutang yang lain.

3. Menyusun rencana keuangan
Menyusun rencana keuangan merupakan cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat yang selanjutnya. Dengan memiliki rencana keuangan maka Anda bisa menentukan jumlah batasan maksimal pengeluaran  setiap bulan dan dapat menyisihkan sebagian pedapatan Anda untuk mengangsur ataupun melunasi hutang Anda.

4. Memanfaatkan fasilitas pembayaran dengan bank
Jika Anda mengalami hambatan atau masalah dalam mengangsur atau membayar hutang kartu kredit Anda maka Anda bisa memanfaatkan fasilitas pembayaran dengan bank yang menerbitkan kartu kredit Anda. Dalam hal ini Anda dapat menyampaikan permononan refinance hutang kartu kredit Anda ataupun dengan bernegoisasi untuk menghentikan penambahan bunga hutang. Cara ini juga diyakini sebagai cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat.
5. Stop menggunakan kartu kredit
Apapun alasannya, Anda wajib menghentikan semua usaha penggunaan kartu kredit. Hal ini tentu menjadi salah satu cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat. Tindakan ini juga akan mencegah Anda dalam praktik gali lubang tutup lubang yang akan membuat kondisi Anda makin buruk.

6. Berkonsultasi dengan ahli keuangan
Cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat juga dapat dilakukan dengan melakukan konsultasi dengan ahli keuangan. Anda bisa meminta saran mengenai bagaimana cara membuat perencanaan keuangan agar dapat membayar hutang sesuai dana atau uang yang Anda miliki.

7. Minta bantuan lembaga keuangan
Cara lain yang dapat Anda lakukan sebagai cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat adalah dengan meminta bantuan pada lembaga atau perusahaan legal/resmi untuk bernegoisasi dengan pihak bank yang menerbitkan kartu kredit Anda untuk mencari jalan keluar.

8. Bergabung dalam komunitas debt free center
Anda bisa bergabung dengan komunitas debt collector untuk mendapat motivasi ataupun tips mengenai cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat. Dengan bergabung dalam komunitas tersebut maka Anda pun akan merasa lebih tenang karena ada banyak orang yang mengalami hal serupa dan telah berhasil melewati masalah tersebut. Anda bisa belajar dari pengalaman orang lain secara positif.

9. Komitmen membayar hutang
Cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat diperlukan komitmen tinggi untuk segera dapat melunasi hutang tersebut. Upayakan untuk membayar angusaransesuai deadline agar tidak ada denda keterlambatan yang akan membuat Anda makin terbebani. Selain itu, Anda harus lebih bekerja keras dalam mengupayakan pelunasan hutang tersebut, seperti dengan hidup hemat, mencari penghasilan tambahan, menjual aset yang Anda miliki, dan sebagainya.

Demikian beberapa cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat yang dapat segera Anda lakukan. Jika Anda sudah melakukan beberapa atau semua cara di atas, namun Anda masih saja belum berhasil mengatasi hutang tersebut maka sebaiknya Anda segera melakukan cara yang terakhir, yaitu dengan mengikuti Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center yang akan membantu Anda mengatasi masalah hutang dengan cepat sehingga hidup Anda kembali tenang dan bahagia.

Baca Artikel Menarik Lainnya


Tidak ada komentar: