10 FAKTOR KEBERHASILAN WIRAUSAHA YANG WAJIB ANDA KETAHUI

10 FAKTOR KEBERHASILAN WIRAUSAHA YANG WAJIB ANDA KETAHUI, usaha sukses, wirausaha sukses

Faktor keberhasilan wirausaha – Menjadi seorang wirausaha yang sukses tentu menjadi impian banyak orang. Namun, dalam mencapai keberhasilan wirausaha tersebut membutuhkan perjuangan keras. Selain membutuhkan kerja keras dan mental positif wirausaha lainnya, seperti  berani mengambil risiko, mampu bekerja sama dengan orang lain, jujur, penuh tanggung jawab, tidak mudah putus asa,  dan sebagainya, Anda juga perlu menyadari bahwa ada berbagai faktor keberhasilan wirausaha yang sangat menentukan tingkat kesuksesan usaha Anda. Faktor ini melibatkan seberapa cerdas Anda dalam membuat perencanaan strategi usaha sekaligus komitmen dalam mewujudkannya. Bagi Anda yang saat ini tengah menjalani proses wirausaha, Anda wajib memperhatikan beberapa faktor keberhasilan wirausaha berikut ini agar bisnis yang Anda miliki dapat cepat mencapai kesuksesan.

1. Faktor peluang
Faktor keberhasilan wirausaha yang pertama adalah adanya peluang. Peluang di sini tercipta dari adanya keselarasan, keserasian, sekaligus keharmonisan antara karakter pengusaha, bidang bisnis, pasar, kondisi, dan perilaku pasar. Dengan begitu, peluang yang tepat akan mempermudah Anda dalam menentukan peluang emas usaha yang paling baik untuk Anda.
Baca Juga :7 CARA MENENTUKAN IDE USAHA KREATIF INOVATIF YANG MENGUNTUNGKAN

2. Faktor Sumber Daya Manusia (SDM)
Faktor keberhasilan wirausaha yang kedua adalah adanya sumber daya manusia (SDM) yang membangun usaha Anda. Berikut ini ada lima faktor keberhasilan operasional usaha yang melibatkan kualitas sumber daya manusia.
·         Pembuat rencana (strategic planner)
Sumber daya manusia yang berkualitas sangat dibutuhkan untuk membuat perencanaan usaha yang matang.
·         Manajer hebat (great manager)
Sumber daya manusia yang handal diperlukan untuk melakukan pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan perencanaan usaha, serta kreatif dan solutif dalam mengatasi masalah.
·         Pengatur atau pengawas (controller)
Sumber daya manusia yang berkualitas juga dibutuhkan untuk mampu menjalankan tugas sebagai pengawas kualitas (quality control), pengawas keuangan (financial control), dan pengawas (supervisor). Ketiga peran tersebut berfungsi untuk mebgawasi pekerjaan agar tepat dan sesuai dengan perencanaan serta target yang telah ditentukan sebelumnya.
·         Pemasaran (marketer) dan penjual (seller)
Dalam mengembangkan bisnis, dibutuhkan sumber daya manusia marketer dan seller yang mumpuni yang bertugas dalam memasarkan dan menjual produk yang Anda miliki.
·         Kepimpinan (leadership)
Leadership merupakan salah satu sifat sumber daya manusia yang sangat menentukan dalam keberhasilan sebuah usaha.

3. Faktor keuangan
Keuangan adalah faktor keberhasilan wirausaha yang ketiga. Artinya, dalam menjalankan usaha maka Anda harus memiliki pola keuangan atau arus kas yang baik. Faktor keuangan tersebut, meliputi pengendalian biaya dan anggaran; pencairan dana modal kerja, dan dana lainnya; perencanaan dan penetapan harga produk, perincian biaya, laba rugi; perhitungan rasio keuangan; dan struktur biaya.

4. Faktor organisasi
Faktor keberhasilan wirausaha yang kelima adalah organisasi. Keberhasilan sebuah usaha sangat ditentukan oleh organisasi yang dinamis, kreatif, dan berwawasan masa depan yang terlihat dari adanya jalur komunikasi yang baik antara atasan dna karyawan; sistem pertanggung jawaban yang jelas, deskripsi pekerjaan yang jelas, hubungan antarkaryawan yang tegas, kayawan memahami tugasnya masing-masing, dan adanya keteraturan kerja. 

5. Faktor perencanaan
Perencanaan adalah faktor keberhasilan wirausaha yang kelima. Perencanaan ini meliputi prencanaan visi, misi, strategi jangka pendek dan panjang; perencanaan operasional dan program pemasaran; perencanaan produk; perencanaan informasi teknologi; perencanaan pendistribusian produk; dan perencanaan jumlah produk yang Anda jual.

6. Faktor pengelolaan usaha
Faktor keberhasilan wirausaha yang keenam adalah faktor pengelolaan usaha. Manfaat faktor pengelolaan usaha ini untuk menyusun organisasi; mengelola sumber daya manusia; mengelola aset; menyusun jadwal usaha dan kegiatan; menentukan jumlah tenaga kerja; mengatur distribusi barang; dan mengendalikan persediaan barang.

7. Faktor pemasaran dan penjualan
Pemasaran dan penjualan adalah faktor keberhasilan wirausaha yang ketujuh. Memiliki bagian pemasaran dan penjualan yang baik sangat menentukan keberhasilan usaha. Bahkan, pemasaran dan penjualan ini sangat berpengaruh pada bagian keuangan, produksi, pembelian, distribusi, logilistik, dan personalia.

8. Faktor administrasi
Administrasi adalah faktor keberhasilan wirausaha yang kedelapan. Faktor ini meliputi tugas pencatatan, perencanaan, pengumpulan data, pengelompokkan data adminsitrasi yang baik,strategi usaha, program usaha, dokumentasi, dan sebagainya. Tanpa adanya kekuatan adminstrasi yang baik maka usaha Anda akan rentan mengalami kendala sehingga dapat menjadikan kegagalan.

9. Faktor peraturan pemerintah, politik, ekonomi, sosial dan budaya
Peraturan pemerintah, kondisi politik, ekonomi, sosial dan budaya menjadi faktor keberhasilan wirausaha yang kesembilan. Faktor tersebut meliputi peraturan pemerintah dan daerah, legalitas dan perizinan, situasi ekonomi dan politik, perkembangan budaya lokal yang berpengaruh, dan juga lingkungan sosial yang berbeda di setiap daerah.

10.   Faktor catatan bisnis
Catatan bisnis merupakan faktor keberhasilan wirausaha yang kesepuluh. Beberapa contoh catatan bisnis, seperti catatan keuangan (neraca, laba rugi, perubahan modal), catatan SDM dan personalia (jumlah karyawan, golongan, tingkat produktivitas), catatan pemasaran (konsumen, omset, area, kontribusi produk, penjualan, pembelian), dan catatan produksi (stok, kualitas, jumlah produksi).

Demikian beberapa faktor keberhasilan wirausaha yang wajib Anda ketahui. Jika Anda sudah melakukan beberapa atau semua faktor di atas, namun proses kewirausahaan Anda kerap mengalami kendala dan belum juga menjadi sukses maka sebaiknya Anda segera mengikuti Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center yang akan membantu Anda dalam menemukan solusi atas kegagalan wirausaha Anda sehingga Anda dapat meriah kesuksesan dalam wirausaha.

Baca Juga Artikel Laiinya :

Tidak ada komentar: