7 CARA MENENTUKAN IDE USAHA KREATIF INOVATIF YANG MENGUNTUNGKAN

7 CARA MENENTUKAN IDE USAHA KREATIF INOVASI YANG MENGUNTUNGKAN

Ide usaha kreatif inovatif – Bagi beberapa orang, memulai bisnis tanpa modal masih bisa action, Namun, apakah bisa memulai bisnis tanpa ada ide? Tentu hal ini sangat sulit. Mengingat ide merupakan salah satu faktor penting dalam meraih kesuksesan dalam sebuah bisnis. Tanpa sebuah ide yang kreatif dan inovatif maka dapat dibayangkan bisnis tersebut akan mudah gagal. Untuk itu, bagi Anda yang berniat berbisnis, Anda perlu merencanakan strategi sekaligus mencari ide bisnis yang paling tepat. Lalu, bagaimana caranya mencari ide bisnis yang paling tepat? Jangan khawatir, di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara menentukan ide usaha kreatif inovatif yang sangat mempengaruhi keberhasilan bisnis yang akan Anda kelola. Semoga membantu.

1 Peka akan kondisi lingkungan
Dalam menemukan ide usaha kreatif inovatif diperlukan rasa peka dan cerdas dalam melihat kondisi lingkungan. Carilah sebuah masalah yang banyak dijumpai dalam masyarakat dan berikan solusi atas masalah tersebut dengan menawarkan produk yang Anda miliki. Misal, Anda menyediakan jasa bersih-bersih rumah karena melihat banyak keluarga yang tidak sempat membersihkan rumahnya.

2. Lakukan riset produk
Ide usaha kreatif inovatif dapat Anda temukan melalui proses riset produk dan bisnis. Hal ini bertujuan untuk memastikan produk bisnis Anda mampu diserap oleh pasar. Riset ini dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan fasilitas internet ataupun terjun langsung ke 'pasar' dalam menyaring informasi apa yang pasar butuhkan.

3. Terus belajar dan aplikasikan 'ATM'
Upaya mencari ide usaha kreatif inovatif dapat Anda lakukan melalui proses belajar dari bisnis yang sudah sukses di pasaran. Anda bisa mengaplikasikan konsep "Amati, Tiru, dan Modifikasi (ATM) untuk mendapatkan produk yang lebih unggul dan memiliki kaarakter khas dibanding produk yang sudah ada di pasar sebelumnya. Selain itu, Anda juga diharapkan untuk belajar langsung dari seorang pebisnis senior yang sudah sukses. Pelajari cara membangun bsinis dari pengalaman maupun strategi atau teknik mereka dalam mengembangkan usaha hingga menjadi sukses.

4. Amati trend yang sedang berkembang
Mengamati trend yang sedang berkembang adalah salah satu cara mencari ide usaha kreatif inovatif yang cukup efektif.Anda bisa mengamati apapun jenis trend yang sedang naik daun, baik trend dalam bidang fashion, kuliner, pendidikan, kesehatan, hiburan, dan sebagainya. Misal, saat ini sedang trend makanan tertentu maka Anda bisa menjual makanan tersebut.

5.Pengalaman dari masalah diri sendiri
Tidak jarang pengalaman dari masalah diri sendiri dapat dijadikan ide usaha kreatif inovatif yang bagus. Hal ini juga menjadikan Nadiem Makarim founder Go-Jek mendapat inspirasi untuk membuat aplikasi Go-Jek. Melihat kondisi tukang ojek yang sering kesusahan menunggu langgannya maka ia membantu mereka untuk menemukan penumpang sendiri melalui teknologi.

6. Keahlian yang dimiliki
Banyak orang tidak menyadari bahwa keahlian ataupun keterampilan yang dimiliki diri sendiri dapat dijadikan ide usaha kreatif inovatif yang perlu diperhatikan. Jangan anggap sepele jika Anda memiliki kemampuan menulis karena hal ini bisa dijadikan ladang bisnis, seperti menjadi penulis buku, penulis artikel, blogger, ataupun membangun binis agen naskah ataupun penerbitan.

7. Mengikuti pelatihan bisnis
Bagi Anda yang sudah memiliki modal, namun masih bingung memilih jenis usaha yang akan Anda geluti, Anda bisa saja mengikuti sebuah pelatihan bisnis. Dengan mengikuti pelatihan ini maka Anda akan dibantu dalam menemukan ide usaha kreatif inovatif yang sesuai dengan passion, hobi, ataupun minat Anda. Dengan begitu, usaha yang Anda rintis adalah usaha yang benar-benar Anda suka sehingga Anda akan lebih mudah dalam mengembangkannya.

Demikian beberapa cara menentukan ide usaha kreatif inovatif yang paling tepat. Bagi Anda yang sudah melakukan beberapa atau semua cara di atas, namun bisnis Anda masih saja belum bisa sukses maka sebaiknya Anda segera melakukan cara yang terakhir, yaitu dengan mengikuti Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center yang akan membantu Anda dalam menemukan ide usaha kreatif inovatif yang paling tepat bagi Anda. Dengan begitu, bisnis yang Anda miliki dapat mudah maju, berkembang sehingga mencapai kesuksesan.
Baca juga: Pelatihan Zona Kaya,solusi masalah bisnis Anda                              
Baca Juga Artiklel Lainnya :

Tidak ada komentar: